Sunday, February 10, 2008

Hot and Spicy Chicken



Bahan :

200 gr ayam
1 sdm kecap ikan
1 sdm angciu
1 sdt tepung maizena
minyak goreng
4 siung bawang putih, memarkan
1 sdt jahe cincang
100 gr paprika merah, iris persegi 2x3 cm
5 batang daun bawang cung, iris 2 cm
2 sdt tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Saus bumbu :
Campur jadi satu ---
1 sdm saus cabai
1 sdm taoco
1 sdm pasta tomat
2 sdt gula pasir
1 sdm cuka beras
1/2 sdt minyak wijen
100 ml air

Cara membuat :

1) Potong ayam. Campur kecap ikan, angciu, dan tepung maizena, Sisihkan sedikitnya 15 menit agar bumbu meresap
2) Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng potongan ayam secara bertahap hingga matang dan warnanya kuning kecokelatan (kurleb 3 menit), angkat, tiriskan
3) Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga matang dan harum. Masukkan paprika, aduk hingga rata, tuangi campuran saus
4)Masak hingga mendidih, masukkan ayam goreng, aduk rata. Tambahkan bawang cung
5) Masukkan larutan tepung, aduk, dan masak hingga kuah mengental, angkat. Pindahkan masakan ke atas piring saji, hidangkan.

--->Ini resep aslinya judulnya Hot and Spicy Fish, dari buku Primarasa A la Resto Cina. Resep yang diatas itu saya ambil dari buku itu sama persis, kecuali di resep aslinya pakai 400 gr fillet ikan kerapu yang diatas saya ganti 200 gr ayam. Yah soalnya di rumah ga ada fillet ikan kerapu, adanya ayam :p
---> Bumbu perendam ayam tadi saya tambah pake bawang putih dan garam, jahenya juga ikut di perendam, bukan ikut tumisan. Untuk waktu menumis juga saya kasih garam.
---> Oiya, daun bawang cung itu apa ya? Maap ni, berhubung saya pemasak amatiran, jadi saya nggak tau daun bawang cung itu apa. Apa bedanya ya sama daun bawang biasa? Tadi sih saya ganti pakai daun bawang biasa... Jadinya ya kayak gitu itu... ^o^

2 comments:

DESITA said...

ang ciu, cuka beras..aduhhh nyarinya ribett di sinihh

ifa said...

hoho... aku juga nggak pake itu kok... lupa bilang yak?
:p