Saturday, February 23, 2008

Cappuccino Cupcake



This is my first cupcakes! :) selama ini nggak pernah kepikiran untuk bikin cupcake, tapi waktu itu salah satu teman saya ngajakin bikin cupcake bareng (jadi nggak ya?), saya jadi kepingin bikin cupcake... Tapi itu nggak jadi-jadi juga, sampai hari ini akhirnya saya bikin cupcake juga, akhirnyaaa... jadinya yah not bad lah ya...

tadinya sih sempat ragu-ragu karna masih trauma euy sama chocolate cake yang gagal total kemarin itu, tapi yah namanya juga saya pengen bisa bikin kue2 yang enak, jadi the show must go on! seneng banget waktu liat si cupcakes ini ngembang di dalam oven :



nih resepnya,

Bahan :

75 gr mentega tawar
50 gr margarin
25 gr gula pasir halus
1 bungkus (25 gr) cappuccino bubuk
3 kuning telur
100 gr tepung terigu
50 gr dark cooking chocolate (DCC), parut, bekukan di freezer
3 putih telur
50 gr gula pasir
1/8 sdt garam


Cara membuat :

1) kocok mentega tawar, margarin, gula pasir halus, dan cappuccino bubuk sampai lembut. Tambahkan kuning telur. Kocok rata
2) masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan DCC parut. Aduk rata. Sisihkan
3) Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang
4) Tuang sedikit-sedikit ke adonan. Aduk perlahan
5) Tuang di cetakan muffin yang dialas cup kertas. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius
6) Hias cupcake dengan topping

ini foto cupcakes sesaat setelah keluar dari oven :



---> ini resep saya ambil dari majalah SEDAP edisi 9/VIII/2007, di resep aslinya cupcake ini pakai topping krim gitu, tapi saya lagi nggak ada persediaan krim kental, jadi saya kasih topping 'coating chocolate' aja plus hiasan-hiasan aneh itu, hehehe...
---> saya nggak pakai cappuccino bubuk, tapi diganti 1 sachet indocafe coffemix, jadi rasa kopi2annya memang kurang terasa...
---> oiya, resep aslinya juga nggak pakai baking powder, tapi tadi saya kasih sedikit baking powder, dan mentega tawarnya cuma 50 gram, margarin-nya yang saya kasih 75 gram, maksudnya sih biar mentega tawar di rumah nggak cepet habis :p tapi lain kali jumlah mentega dan margarin mending nurut resep diatas aja, sedangkan baking powdernya recommended deh...

salam cupcake :)

No comments: